Dindaa
TM 4

DATA & INFORMASI

Xmind Data & Informasi (TM 4)

Data  berasal dari kata datum yang berarti fakta atau bahan-bahan keterangan. Menurut Gordon B. Davis, data adalah bagian mentah dari informasi sedangkan informasi berarti data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya berupa nilai yang dapat dipahami sebagai bahan pengambilan keputusan.
            Representasi data pada komputer dibedakan menjadi 4 yaitu representasi data, representasi data numerik, representasi alfanumerik dan representasi citra digital. Representasi data sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu sistem bilangan dan konversi bilangan. Pada sistem bilangan terdapat sistem bilangan biner yang menggunakan radix 2 dengan simbol 0-9, sistem bilangan desimal yang menggunakan radix 10 dengan simbol 0 1, sistem bilangan oktal yang menggunakan radix 8 dengan simbol 0-7 dan sistem bilangan heksadesimal yang menggunakan radix 16 dengan simbol 0-9 & A-F.
            Konversi Bilangan ada 2 yaitu binary coded octal dan binary coded hexadecimal. Konversi antar sistem bilangan biner, oktal dan heksadesimal penting pada komputer digital. Selanjutnya ada representasi data numerik.Jenis data numerik antaralain integer yang memiliki kapasitas 1 byte untuk menyimpan data bilangan positif, desimal yang memiliki kapasitas 2 byte untuk menyimpan data bilangan positif, dan integer bertanda yang memiliki kapasitas 2 byte untuk menyimpan data bilangan positif/negatif.
            Kemudian pindah ke bahasan tentang representasi alfanumerik. Representasi alfanumerik tidak hanya memerlukan data bilangan saja namun juga huruf alfabet dan karakter khusus. Pada standard lama representasi alfanumerik (ASCII) menggunakan 8 bit untuk mengkodekan 256 karakter namun pada standard baru (unicode) menggunakan 16 bit yang mampu mengkodekan 65.636 dan mampu memproses huruf kanji, arab, thai pada komputer.

Representasi citra digital dapat memproses gambar yang tersusun dari elemen-elemen terkecil yang disebut pixel. Banyaknya pixel pada sebuah citra disebut resolusi dan biasanya resolusi dinyatakan dalam 2 cara yaitu panjang x lebar serta banyaknya piksel. Format dari citra digital adalah jpg, gif, png, bmp, dll.
0 Responses

Posting Komentar