Dindaa
TM 1
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI

Xmind Pengenalan Teknologi Informasi & Komunikasi

Taukah anda apa yang dimaksud dengan teknologi informasi dan komunikasi? Menurut Haag & Keen teknologi informasi adalah seperangkat alat dalam pemrosesan informasi. Menurut Martin teknologi informasi mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi selain menggunakan komputer. Menurut Williams & Sawyer, teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, uara dan video. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi komputer & teknologhi telekomunikasi sehingga lebih tepat disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Bagaimana sih sejarah perkembangan teknologi informasi & komunikasi ? Pada awalnya komunikasi dilakukan secara langsung tanpa bantuan alat tertentu namun kemudian ditemukan kesulitan jika jarak anatar orang yang berkomunikasi jauh lalu ditemukanlah  telepon oleh Graham Bell pada tahun1875. Pada masa selanjutnya, informasi disampaikan melalui pengiriman siaran radio AM (1910-1920) dilanjutkan dengan ditemukannya transmisi audio visual tanpa kabel (1940). Awal kemunculan komputer generasi I adalah tahun 1943 yang dikenal dengan nama vacuum tube, tidak hanya sampai disitu, pada tahun 1947 dan 1957 berkembanglah komputer generasi II dan komputer generasi III (IC). Teknologi semakin canggih ketika diluncurkan Sputnik oleh USSR Uni Soviet & ARPA oleh US pada tahun yang bersamaan yaitu 1957. Pada tahun 1969 BBN, Inc membangun IMPs bagi jaringan ARPANET.
Multiple Networks atau Multi Jaringan awalnya dibangun NFS sebagai tulang punggung berkecepatan 56kbps pada tahun 1986. Tahun berikutnya penggunaan komputer telah mencapai 10.000 unit. Pada tahun 1988 koneksi NFSNET sudah mencapai 1,5Mbps dengan 100.000 unit komputer. Pada tahun 1991, dirilis World Wide Web / WWW dengan koneksi sekitar 1 juta komputer. Dan sekarang, jaringan tulang [punggung telah mencapai kecepatan 10Gbps dengan 500 juta komputer yang tersebar di lebih dari 150 negara. Wow.

Karakteristik teknologi informasi & komunikasi  memiliki sisi negatif dan positif. Misalnya, mampu menyediakan informasi, mempermuda akses informasi bagi pengguina dengan waktu respon yang singkat namun memunculkan sifat individualis bagi penggunanya atau biasa disebut desentralisasi. Penggunaan teknologi informasi & komunikasi dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam semisal akses facebook, pengiriman SMS/MMS/E-mail, Aplikasi SIM Akademik bagi para mahasiswa ataupun saling bertukar foto, musik, video melalui bluetooth. 
0 Responses

Posting Komentar