Dindaa
TM 5
PERANGKAT KERAS

Xmind Perangkat Keras (TM5)

Perangkat keras adalah komponen komputer yang bisa diloihat dan diraba secara nyata oleh penggunanya. Berdasarkan fungsinya, perangkat keras dibagi menjadi 5 macam yaitu alat input, alat proses, alat simpan, alat output, dan periferal.
Alat input adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data ke komputer. Contohnya adalah keyboard yang berfungsi untuk memasukkan data, mikrofon untuk memasukkan suara, kamera digital untuk memasukkan gambar, kamera video untuk memasukkan video, joystick, trackball, barcode reader, dll. Setelah data dimasukkan selanjutnya diproses oleh alat proses agar menghasilkan data berupa informasi yang dibutuhkan oleh pengguna komputer. Contohnya adalah Processor yang merupakan alat utama dalam proses data secara digital, RAM, Voice Card, Main Board dan kartu VGA yang berfungsi untyuk menghubungkan main board dengan monitor.
            Selanjutnya ada yang namanya alat simpan. Alat simpan adalah alat yang digunakan untuk menyimpan datra dalam bentuk aslinya seperti disket, USB Flashdisk yang bisa dibawa kemana-mana dan bisa sebagai alat transfer data juga, Optical Disc, Harddisk yang terletak di dalam CPU serta CD / DVD ROOM yang dapat membaca cakram CD / DVD bahkan merekamnya. Data yang disimpan juga dapat ditampilkan melalui alat output yaitu printer yang outputnya berupa cetakan data diatas kertas, monitor yang secara langsung menampilkan data yang telah diinput dan diproses, speaker yang berfungsi mengeluarkan data berupa suara serta proyektor LCD yang menampilkan objek dari komputer ke bvidang yang lebih besar seperti tembok / layar presentasi.
            Dan yang terakhir adalah priferal. Periferal adalah perangkat yuang ditambahkan pada komputer namun bukan bagian utama dari komputer tersebut. Conbtohnya adalah kartu jaringan yang menyatui dalam main board, UPS yang berfungsi sebagai tenaga listrik cadangan pada saat listrik PLN tiba-tiba padam, Modem sebagai media penghubung ke internet melalui jalur telepon yang mampu mengubah sinyal analog dan sebaliknya serta Hub yang digunakan sebagai terminal jaringan komputer yang menggunakan kabel UTP. 
0 Responses

Posting Komentar