Dindaa
TM 15

KECERDASAN BUATAN
Gambar TM 15 Kecerdasan Buatan

Menurut Winston dan Pendergast, rti dari kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar atau mengerti dari pengalaman, memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu, menanggapi dengan cepat dan baik atas situasi yang baru, menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah serta menyelesaikannya dengan efektif
Definisi AI menurut para ahli adalah sebagai berikut :
• Merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal ‐ yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas (H. A.Simon [1987])
• Sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal‐hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia (Rich and Kinight [1991])
4 kategori kecerdasan beserta penjelasannya :
Sudut Pandang Kecerdasan : Kecerdasan buatan mampu membuat mesin menjadi cerdas (berbuat seperti yang dilakukan manusia)
Sudut Pandang Penelitian : Kecerdasan buatan adalah studi bagaimana membuat komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan manusia
Sudut Pandang Bisnis : Kecerdasan buatan adalah kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah bisnis
Sudut Pandang Pemrograman : Kecerdasan buatan meliputi studi tentang pemrograman simbolik, problem solving, dan pencarian (searching)
Konsep kecerdasan buatan dalah :
- Turing Test
- Pemrosesan Simbolik
- Inteferensi
- Pencocokan pola
Tujuan dari kecerdasan buatan adalah :
• Membuat komputer lebih cerdas
• Mengerti tentang kecerdasan
• Membuat mesin lebih berguna
KKecerdasan Buatan
KKecerdasan Alami
Bersifat permanen
Cepat mengalami perubahan
Lebih mudah diduplikasi dan ditransfer
Proses transfer antar manusia
membutuhkan proses yang lama
Lebih murah
Lebih mahal
Konsisten
Sering berubah (sifat manusia)
Dapat didokumentasi
Sulit didokumentasi
Lebih cepat
Lebih lambat
Teliti
Kurang teliti


Lingkup kecerdasan buatan adalah :
Ø Sistem Pakar (Expert System) : Komputer memiliki keahlian menyelesaikan masalah seperti kemampuan pakar
Ø Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing) : Diharapkan user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari‐hari
Ø Pengenalan Ucapan (Speech Recognition) : User dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara
Ø Robotika dan System Sensor (Robotics and Sensoric System)
Ø Computer Vision
Ø Intellegence Computer – aided Instruction : Komputer dijadikan tutor untuk melatih dan mengajar
Ø Game Playing
Domain yang sering dibahas dalam kecerdasan buatan adalah :
• Mundane Task
‐ Persepsi (vision & speech)
‐ Bahasa alami (understanding, generation & translation)
‐ Pemikiran yang bersifat commonsense
‐ Robot control
• Formal Task
‐ Permainan / Games
‐ Matematika (Geometri, logika, kalkulus integral, Pembuktian)
• Expert Task
‐ Analisis finansial
‐ Analisis medikal
‐ Analisis ilmu pengetahuan
‐ Rekayasa (design, pencarian kegagalan, perencanaan manufaktur)
Contoh dari kecerdasan buatan ialah :
• AI Robot
• Game
• Fitur Facebook
– People You May Know, Iklan
• Twitter
– Trending topics
• Google PageRank
• Online advertisement
• Recommended Article
0 Responses

Posting Komentar