Dindaa
TM 14
E-COMMERCE
 
Gambar TM 14 E-Commerce

 ECommerce memiliki definisi yaitu segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer, salah satunya adalah Internet. Tujuan E-Commerce adalah :
ü Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses internet dan interfacenya menggunakan web browser.
ü Membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi 
ü Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif
Ada beberapa jenis E-Commerce, yakni:
• Business‐to‐consumer (B2C) pelanggan berhubungan langsung dengan produsen   atau pabrik, menghindari perantara.
• Business‐to‐business (B2B) pesertanya terdiri dari produsen‐produsen.
• Consumer‐to‐consumer (C2C): pesertanya adalah individu, dengan satu pihak   sebagai pembeli dan pihak lainnya sebagai penjual.
Model proses dalam E-Commerce yaitu 
1. Pencarian dan identifikasi
2. Seleksi dan negosiasi
3. Pembayaran produk dan jasa secara elektronik
4. Produk dan jasa pengiriman
5. Layanan after‐sales
Dalam pelaksanaan E-Commerce terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi yakni :
• Mendefinisikan model e‐commerce yang efektif dan strategis.
• Perlu mengubah sistem distribusi dan proses kerja.
• Mengintegrasikan pemrosesan order berbasis web dengan sistem tradisional.
Untuk itu diperlukan beberapa komponen penting dalam menghadapi tantangan e-commerce sebagaimana yang telah disebutkan di atas. Komponen tersebt adalah :
- Content
- Commerce
- Community
Perangkat lunak / software yang digunakan dalam E-commerce adalah sebagai berikut :
• Catalog management
• Product configuration
• Shopping cart facilities
• E‐commerce transaction processing
• Web traffic data analysis

Bagaimana sistem pembayaran dalam e-commerce?
Ø Digital certificate
Ø Certificate authority (CA)
Ø Secure Sockets Layer (SSL)
Ø Electronic cash
Ø Electronic Wallet
Meski terlihat menguntungkan namun kita tetap harus berhati-hati terhadap ancaman seperti insiden penggunaan E‐ and m‐commerce dan pencurian properti intelektual (hal-hal yang telah dipatenkan) dalam ktivitas EE-Commerce serta penipuan (spam, phising, pyramid schemes)
Kelebihan e-commerce adalah :
ü Menurunkan biaya operasional, menaikkan profit
ü Meningkatkan pangsa pasar
ü Melebarkan jangkauan pemasaran
ü Mengurangi penggunaan waktu, meningkatkan produktivitas
ü Meningkatkan layanan ke pelanggan (untuk beberapa kasus)
ü Fleksibilitas, pembeli dapat berbelanja tanpa terbatas kondisi ruang dan waktu
ü Aliran pendapatan yang menjanjikan
Sedangkan kekurangan e-commerce adalah :
• Membutuhkan keahlian komputer
• Biaya untuk akses internet
• Resiko kebocoran data personal
• Berdasarkan pada kepercayaan (terkadang meragukan)
• Kerugian finansial karena penipuan
• Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
² Dan sebagai penutup, saya akan berikan beberapa tips agar anda dan privasi anda aman serta terhindar dari hal-hal yang merugikan anda 
Jangan pernah memberikan informasi pribadi, terutama nomor identitas Anda (ssn)
² Sebelum registrasi ke sebuah website, periksa dulu kebijakan privasi (privacy policy) –nya
² Berhati‐hatilah dalam mengirim email, mengirim pesan ke group, atau berbicara” chat room.
² Update software browser anda.
² Pertimbangkan untuk membeli digital ID untuk  menggantikan informasi asli anda.

0 Responses

Posting Komentar